Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar ekonomi melalui penerapan model pembelajaran Treasure Hunt pada siswa kelas X PM 2 di SMK Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa. Indikator keberhasilan ditetapkan jika 75% siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, dan terdapat peningkatan hasil belajar, ditandai dengan 75% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Treasure Hunt berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Persentase keaktifan siswa meningkat dari 52,80% pada siklus I menjadi 82,87% pada siklus II. Selain itu, jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat dari 13,33% (4 siswa) pada siklus I menjadi 86,67% (26 siswa) pada siklus II.
Copyrights © 2024