Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi dengan Metode Treasure Hunt pada Siswa Kelas X PM 2 di SMK Negeri 1 Pekanbaru

Asmita, Nila (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar ekonomi melalui penerapan model pembelajaran Treasure Hunt pada siswa kelas X PM 2 di SMK Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa. Indikator keberhasilan ditetapkan jika 75% siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, dan terdapat peningkatan hasil belajar, ditandai dengan 75% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Treasure Hunt berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Persentase keaktifan siswa meningkat dari 52,80% pada siklus I menjadi 82,87% pada siklus II. Selain itu, jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat dari 13,33% (4 siswa) pada siklus I menjadi 86,67% (26 siswa) pada siklus II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...