Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pemanfaatan Lahan Hutan Lindung Wakaf sebagai Solusi Ekologi dan Ekonomi Masyarakat Sekitar Rokan Hulu Riau

Rosadi, Syukri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

Artikel ini mendiskusikan tentang Pelestarian lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar hutan adalah dua masalah utama yang dapat diselesaikan dengan wakaf hutan lindung. Kabupaten Rokan Hulu di Riau, yang memiliki banyak hutan lindung dan penduduknya bergantung pada sumber daya alam, merupakan contoh yang relevan dari penggunaan wakaf tanah sebagai alat untuk menggabungkan keuntungan ekologis dan ekonomi. Konsep wakaf menjadi cara kreatif untuk menjaga kelestarian hutan lindung sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena melarang aset dijual atau dimanfaatkan. Penelitian ini menemukan potensi wakaf hutan lindung untuk mendukung konservasi ekosistem dan memberikan peluang ekonomi kepada masyarakat melalui agroforestri dan ekowisata. Terbukti bahwa model pengelolaan yang menggabungkan elemen ekologi dan ekonomi berhasil mempertahankan keberlanjutan lingkungan dan memberi kesempatan kepada masyarakat setempat. Selain itu, untuk memastikan pengelolaan yang optimal dan berkelanjutan, pemerintah, lembaga wakaf, sektor swasta, dan masyarakat lokal harus bekerja sama. Dengan penerapan kebijakan yang tepat, wakaf tanah hutan lindung dapat menjadi cara yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan di Rokan Hulu serta mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan nasional dan internasional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...