Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle terhadap Hasil Belajar Perjuangan Proklamasi Siswa Kelas V SD Negeri 04 Palembang

Lestari, Silviawigati Putri (Unknown)
Arafat, Yasir (Unknown)
Heldayani, Eni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan hasil belajar siswa antara kelas Va sebagai eksperimen yang menggunakan model Cooperative Learning Tipe Inside Otside Circle dan kelas Vb sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (Ceramah) SD Negeri 04 Palembang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif dengan menggunkan metode desain ekperimen True Experimental dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu Posttest Only Control Design populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 04 Palembang yang berjumlah 70 Peserta didik. Sampel penelitian adalah sebanyak 21 Siswa kelas Va dan 23 siswa kelas Vb Teknik Sampel yang di gunakan Clursterr Random Sampling.Teknik analisis data menggunakan Uji T (Independent Sampel t-test), Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran Cooperative Larning Tipe Inside Outside Cicrle Terhadap hasil belajar perjuangan Proklamsi Siswa Kelas V SD Negeri 04 Palembang. Dimana diperoleh hasil rata-rata pada kelas eksperimen adalah 75,71 dan pada kelas kontrol 62,17. Disimpulkan pada penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan dari Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Perjuangan Proklamasi Siswa Kelas V SD Negeri 04 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...