Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Paper Mode Quizizz terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 2 Rantau Keroya

Faizal, Regina Franiditia (Unknown)
Misdalina, Misdalina (Unknown)
Tanzimah, Tanzimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika disebabkan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, selain itu disebabkan karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah model pembelajaran PBL berbantuan Paper Mode Quizizz terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 2 Rantau Keroya?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan Paper Mode Quizizz terhadap hasil belajar Matemtika siswa kelas III SD Negeri 2 Rantau Keroya. Desain penelitian ini adalah True Eksperimental Design, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instumen penelitian menggunakan tes pilihan ganda sesuai indicator. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji Mann Whitney dsfengan hasil bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Paper Mode Quizizz diperoleh nilai signifikan 0.010. Karena nilai siginifikan kurang dari nilai alpha <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan paper mode quizizz terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 2 Rantau Keroya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...