Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih sulitnya siswa untuk membedakan struktur teks laporan hasil observasi antara definisi umum dan deskripsi bagian, kurangnya kosa kata siswa dan kurangnya minat baca siswa, hal ini membuat siswa kesulitan dalam menulis tks laporan hasil observasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMPN 6 Teluk Kuantan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian True eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 6 Teluk Kuantan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Data dalam penelitian ini berupa skor dari hasil tes unjuk kerja menulis teks laporan hasil observasi tanpa dan dengan menggunakan model pembeljaran Project Based Learning. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 3 kesimpulan sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMPN 6 Teluk Kuantan tanpa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memperoleh nilai rata-rata 62,44 yaitu berada pada tingkat penguasaan 55-65% pada kualifikasi cukup (C). Kedua, kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMPN 6 Teluk Kuantan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memperoleh nilai rata-rata 83,32 yaitu berada pada tingkat penguasaan 76-85% pada kualifikasi baik (B). Ketiga, berdasarkan uji-t disimpulkan  bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan model pembelajaran Project Based Learning siswa kelas VIII SMPN  6 Teluk Kuantan. Karena  >  (. Model pembelajaran Project Based Learning secara signifikan berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024