Peran kepemimpinan Growth mindset dan perilaku inovatif sangat penting untuk pengembangan profesi seorang guru karena dengan memiliki jiwa kepemimpinan growth mindset dan perilaku yang inovasi akan dengan cepat meningkatkan profesi diri guru. Namun, tidak banyak penelitian yang menyelidiki tren penelitian dalam profesi guru dengan pola pikir berubah. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi bibliometrik dengan menggunakan metodologi pola pikir yang berkembang dan pendekatan inovatif. Digunakan 275 artikel ilmiah dari tahun 2020–2024 tentang perilaku inovatif dan kepemimpinan mindset pertumbuhan. Vosviewer melakukan analisis kualitatif pada data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa klaster penelitian beragam dan fleksibel dalam hal pola pikir dan perilaku kreatif. Kluster 1 membahas tentang peran kepemimpinan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang baik bagi sekolah melalui pengaruh, perilaku inovatif, media, organisasi, dan hubungan untuk mencapainya. Kluster 2 membahas pengembangan kepemimpinan terhadap hasil belajar siswa dan guru. Kluster 3 membahas pemikiran pertumbuhan seorang pemimpin, yang mencakup diskusi tentang pola pikir dan kreativitas guru. Kluster 4 membahas pengembangan profesional guru yang berprestasi. Jadi, pola pikir baru dan perilaku kreatif dapat meningkatkan kinerja guru.
Copyrights © 2024