Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Strategi Penerapan Program Sekolah Digital untuk Mempersiapkan Persaingan Industri 4.0 Siswa SMK di Kabupaten Blora

Handayani, Kristin (Unknown)
Haryati, Titik (Unknown)
Wuryandini, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2025

Abstract

Revolusi Industri 4.0 menuntut dunia pendidikan, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi berbasis digital dan siap menghadapi persaingan global. Artikel ini mengkaji strategi penerapan sekolah digital untuk mempersiapkan siswa SMK di Kabupaten Blora dalam menghadapi tantangan Industri 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui analisis dokumen, wawancara dengan pemangku kepentingan, dan observasi di beberapa SMK di Kabupaten Blora. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sekolah digital dapat diwujudkan melalui tiga strategi utama: (1) penguatan infrastruktur teknologi, seperti penyediaan akses internet yang memadai dan perangkat pembelajaran digital; (2) peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui pelatihan intensif berbasis teknologi; dan (3) kolaborasi aktif dengan dunia usaha dan industri (DUDI) untuk menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan pasar kerja. Hambatan utama yang diidentifikasi adalah keterbatasan akses teknologi di daerah terpencil, anggaran sekolah yang belum memadai, dan resistensi terhadap perubahan dari sebagian pemangku kepentingan. Dengan strategi yang terarah dan dukungan kebijakan pemerintah daerah, sekolah digital di Kabupaten Blora dapat menjadi solusi efektif untuk mencetak lulusan SMK yang adaptif dan kompetitif di era Industri 4.0.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...