Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di SMA Negeri 1 Jepon

Wulandari, Ratna (Unknown)
Haryati, Titik (Unknown)
Wuryandini, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2025

Abstract

Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) merupakan sistem pengelolaan persekolahan yang memberikan kewenangan dan kekuasaan kepada sekolah untuk mengatur kehidupannya sesuai dengan potensi, tuntutan, dan kebutuhan sekolah yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di SMA Negeri 1 Jepon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan peneliti sebagai intrumen utama penelitian. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan MPMBS di SMA Negeri 1 Jepon telah dilaksanakan sesuai tahapan perencanan berbasis data rapor pendidikan, dengan optimalisasi sumber daya, peningkatan kompetensi guru, dan penguatan karakter siswa yang senantiasa dilakukan. Tantangan yang dihadapi seperti kendala teknis, keterbatasan anggaran, dan rendahnya partisipasi sebagian warga sekolah, diatasi dengan berbagai upaya oleh SMA Negeri 1 Jepon, untuk meningkatkan kinerjanya. Capaian hasil rapor pendidikan SMA Negeri 1 Jepon menunjukkan peningkatan mutu pendidikan, baik dari aspek literasi, numerasi, karakter siswa, iklim keamanan dan kebinekaan, maupun kualitas pembelajaran. Dengan semangat perbaikan berkelanjutan, SMA Negeri 1 Jepon berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...