Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) merupakan sistem pengelolaan persekolahan yang memberikan kewenangan dan kekuasaan kepada sekolah untuk mengatur kehidupannya sesuai dengan potensi, tuntutan, dan kebutuhan sekolah yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di SMA Negeri 1 Jepon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan peneliti sebagai intrumen utama penelitian. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan MPMBS di SMA Negeri 1 Jepon telah dilaksanakan sesuai tahapan perencanan berbasis data rapor pendidikan, dengan optimalisasi sumber daya, peningkatan kompetensi guru, dan penguatan karakter siswa yang senantiasa dilakukan. Tantangan yang dihadapi seperti kendala teknis, keterbatasan anggaran, dan rendahnya partisipasi sebagian warga sekolah, diatasi dengan berbagai upaya oleh SMA Negeri 1 Jepon, untuk meningkatkan kinerjanya. Capaian hasil rapor pendidikan SMA Negeri 1 Jepon menunjukkan peningkatan mutu pendidikan, baik dari aspek literasi, numerasi, karakter siswa, iklim keamanan dan kebinekaan, maupun kualitas pembelajaran. Dengan semangat perbaikan berkelanjutan, SMA Negeri 1 Jepon berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan.
Copyrights © 2025