kualitas layanan merupakan keunggulan suatu lembaga atau institusi yang dilakukan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabah untuk menciptakan rasa kepuasan pada nasabah terutama pada bank dikarenakan kualitas layanan memiliki peranan penting dalam menarik dan mempertahankan nasabah. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui peran kualitas layanan yang memenuhi kebutuhan nasabah bank Syariah. Kualitas yang bagus adalah salah satu komponen penting dalam menciptakan kepuasan nasabah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan loyalitas nasabah serta memperkuat daya saing bank syariah. Dalam penelitian ini, pendekatan yang diterapkan adalah menggunakan informasi dan data dari artikel terkait layanan yang tersedia di bank syariah serta hasil survei kepuasan pelanggan terhadap layanan tersebut melalui wawancara pada beberapa nasabah. Melalui wawancara yang telah dilakukan, ditemukan bahwa kualitas pelayanan yang meliputi aspek kecepatan, keramahan, kenyamanan, dan kemudahan aksesibilitas sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah. penelitian ini memberikan gambaran mengenai pentingnya peningkatan kualitas layanan untuk mempertahankan dan menarik lebih banyak nasabah pada bank syariah. Kualitas layanan serta kepuasan pelanggan menjadi acuan untuk bank Syariah lebih maju dan berkembang.
Copyrights © 2025