Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Multisensori pada Mata Kuliah Solfegio

Sumiyati, Sumiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar interaktif berbasis multisensori pada mata kuliah Solfegio. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian sebanyak 40 mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami berbagai konsep utama, seperti ritme, tanda istirahat, birama dan tanda birama , melodi, durasi not, interval, dan akor. Kesulitan tersebut disebabkan oleh kompleksitas materi (35%), kurangnya bahan ajar interaktif (20%), metode penyampaian kurang bervariasi (30%), dan keterbatasan pengalaman langsung (15%). Berdasarkan preferensi mahasiswa, bahan ajar digital yang mudah diakses, fleksibel, dan interaktif dengan integrasi elemen audio visual, sangat dibutuhkan. Selain itu, kriteria bahan ajar yang diinginkan mencakup penyajian materi yang komprehensif, kemampuan mengakomodasi berbagai gaya belajar, serta responsivitas terhadap kebutuhan pengguna. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pengembangan bahan ajar berbasis multisensori untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan keterlibatan mahasiswa. E-modul interaktif berbasis multisensori dapat menjadi solusi yang relevan untuk memenuhi kebutuhan ini, dengan menyediakan pengalaman belajar yang lebih dinamis, adaptif, dan mendalam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...