Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Proyek Kreatif dan Kewirausahaan

S, Idris (Unknown)
Elpisah, Elpisah (Unknown)
Syarifuddin, Syarifuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Case-Based Learning (CBL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada mata pelajaran Proyek Kreatif dan Kewirausahaan di SMKN 1 Pangkep. Penelitian dilakukan dengan desain quasi-experiment menggunakan metode non-equivalent control group design, melibatkan siswa kelas XI.TKJ 1 dan XI.TKJ 2 sebagai sampel. Teknik sampling jenuh digunakan untuk memastikan seluruh populasi terwakili. Data dikumpulkan melalui observasi, tes berbasis kasus, dan kuisioner skala Likert, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, termasuk uji t-independen dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol dalam hal keterampilan berpikir kritis (t = 9.852; Sig. = 0.000; Mean Difference = 14.53) dan kemampuan pemecahan masalah (t = 14.614; Sig. = 0.000; Mean Difference = 18.27). Uji MANOVA juga mengonfirmasi pengaruh signifikan model CBL terhadap kedua variabel dependen, dengan semua statistik multivariat menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000. Temuan ini menunjukkan bahwa model CBL efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Implikasi praktisnya mencakup adopsi metode ini dalam pembelajaran di sekolah kejuruan. Penelitian lebih lanjut dianjurkan untuk mengeksplorasi pengaruhnya pada konteks dan mata pelajaran lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...