Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning/PjBL) dalam mata kuliah Kritik Seni pada Program Studi Seni Pertunjukan Universitas PGRI Palembang. Penerapan model ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa, kemampuan berpikir kritis dan kreatif, serta keterampilan analisis dalam mengkaji dan mengevaluasi karya seni. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek mahasiswa semester VII yang mengikuti mata kuliah Kritik Seni. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, yang dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa. Mahasiswa menjadi lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan terlibat dalam diskusi. Selain itu, proyek kritik seni mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan problem solving. Kolaborasi dalam proyek juga memperkuat komunikasi dan kerja sama di antara mahasiswa. Dengan mengintegrasikan teori dan praktik dalam konteks nyata, mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang lebih aplikatif dan relevan.
Copyrights © 2025