Studi ini menyelidiki peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru dengan menggunakan pendekatan inovatif dan kreatif. Penelitian ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan pendidikan kontemporer yang semakin meningkat dan kebutuhan kesiapan guru untuk menghadapi tantangan masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang mengumpulkan data melalui analisis dokumen melalui studi pustaka.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dengan menggunakan strategi seperti pelatihan berbasis teknologi, metode coaching dan mentoring, kolaborasi dan berbagi praktik terbaik, dan promosi budaya belajar berkelanjutan. Strategi-strategi ini secara efektif memenuhi kebutuhan pendidikan saat ini sekaligus mempersiapkan para pendidik untuk menghadapi tantangan di masa mendatang.Studi ini menegaskan bahwa kepemimpinan inovatif sangat penting untuk mendukung pengembangan profesional guru. Ini memberikan wawasan penting bagi kepala sekolah, pembuat kebijakan, dan praktisi pendidikan tentang bagaimana merancang dan menerapkan program pengembangan guru yang sesuai dengan tujuan pendidikan abad ke-21. Penelitian selanjutnya dapat berkonsentrasi pada bagaimana strategi ini berdampak pada kinerja siswa dalam jangka panjang dan bagaimana mereka dapat diterapkan untuk mencapai hasil yang lebih baik.
Copyrights © 2025