Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Program Pengembangan SDM yang Inovatif

Akhyar, Yundri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Studi ini menyelidiki peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru dengan menggunakan pendekatan inovatif dan kreatif. Penelitian ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan pendidikan kontemporer yang semakin meningkat dan kebutuhan kesiapan guru untuk menghadapi tantangan masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang mengumpulkan data melalui analisis dokumen melalui studi pustaka.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dengan menggunakan strategi seperti pelatihan berbasis teknologi, metode coaching dan mentoring, kolaborasi dan berbagi praktik terbaik, dan promosi budaya belajar berkelanjutan. Strategi-strategi ini secara efektif memenuhi kebutuhan pendidikan saat ini sekaligus mempersiapkan para pendidik untuk menghadapi tantangan di masa mendatang.Studi ini menegaskan bahwa kepemimpinan inovatif sangat penting untuk mendukung pengembangan profesional guru. Ini memberikan wawasan penting bagi kepala sekolah, pembuat kebijakan, dan praktisi pendidikan tentang bagaimana merancang dan menerapkan program pengembangan guru yang sesuai dengan tujuan pendidikan abad ke-21. Penelitian selanjutnya dapat berkonsentrasi pada bagaimana strategi ini berdampak pada kinerja siswa dalam jangka panjang dan bagaimana mereka dapat diterapkan untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...