Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Pengaruh Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 35 Pontianak Selatan

Aprilia, Ayu (Unknown)
Halidjah`, Siti (Unknown)
Pranata, Rio (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 35 Pontianak Selatan. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk quasi eksperimental design dengan desain nonequivalent control group design. Jumlah sampel dalam penelitian ini 64 siswa dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan alat pengumpul data adalah tes tertulis berbentuk essay atau uraian. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 75,81 dan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 56,28. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test diperoleh thitung = 4,80, sedangkan untuk dk (32 + 32 ‒ 2 = 62) dengan taraf signifikan α = 5 % diperoleh ttabel = 1,67 yang berarti thitung > ttabel, maka Ha diterima, ini membuktikan terdapat pengaruh penerapan metode SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan hasil perhitungan effect size (ES) diperoleh ES = 1,20 yang termasuk kriteria tinggi dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SQ3R memberikan pengaruh yang positif terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 35 Pontianak Selatan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...