Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji seberapa baik bolaspons berfungsi sebagai alat pengajaran untuk kemampuan passing bawah pemain bola voli sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yang menggunakan metode seperti dokumentasi, wawancara, dan observasi.Siswa di kelas lima SD menjadi subjek penelitian. Kemampuan passing bawah siswa meningkat secara signifikan dengan menggunakan bola spons, menurut penelitian tersebut. Koordinasi tangan-mata siswa, kepercayaan diri dalam mengoper, dan fobia terhadap bola semuanya berdampak positif dengan berlatih menggunakan bola spons. Selain itu,karena bola spons lebih mudahditangani dan lebih ringan, lebih banyak siswa yang mengikuti kelas bola voli. Hasilnya, mengajarkan dasar-dasar underpassing dalam bola voli menggunakan bola voli spons kepada siswa sekolah dasar merupakan alternatif yang layak untuk metode kelas tradisional. Hasilnya akan membantu instruktur pendidikan jasmani meningkatkan keterampilan bola voli siswa mereka.
Copyrights © 2025