Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 244 Palembang

Putri, Nafa Astria (Unknown)
Lusiana, Lusiana (Unknown)
Suriadi, Aan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS siswa melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 244 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan quasi eksperimental. Subjek tes penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 244 Palembang yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah tes. Berdasarkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan perhitungan skor tes individu dan perhitungan skor gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh NGain_Score yang dianggap efektif umumnya berada di atas 0,7, yang menunjukkan peningkatan signifikan, dan dengan rata-rata NGain_Score sebesar 0,7125 serta rata-rata NGain_Percent sebesar 71,257%, hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar subjek dalam sampel mengalami peningkatan yang cukup tinggi, yaitu sekitar 71% dari maksimal peningkatan yang diharapkan, sehingga peningkatan ini secara keseluruhan dapat dikatakan cukup tinggi dan efektif, artinya hasil peningkatan belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 244 Palembang setelah melakukan pembelajaran pemanfaatan lingkungan sebagai sumber pembelajaran tergolong cukup tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...