Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Teks Eksplanasi Kelas XI di SMA 05 Mukomuko

Jupita, Bela (Unknown)
Hartati, Yulia Sri (Unknown)
Helda, Trisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2025

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi yang belum merata, hal tersebut disebabkan oleh sumber belajar yang minim, yakni hanya berasal dari buku paket. Pada materi menulis teks eksplanasi juga belum tersedia bahan ajar khusus yang mengarahkan siswa belajar Lembar Kerja Peserta Didik secara bertahap. Tujuan dari penelitian ini, yakni sebagai berikut, Pertama, Mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis teks eksplanasi kelas XI di SMA 05 Mukomuko. Kedua, Mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis teks eksplanasi kelas XI di SMA 05 Mukomuko yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D model yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (pengembangan). Penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap ketiga yakni develop (pengembangan). Tahap define terdiri dari analisis kurikulum, analisis karakteristik peserta didik, analisis materi, dan merumuskan tujuan. Tahap design dilakukan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik menulis teks eksplanasi berbasis Problem Based Learning. Tahap develop dilakukan uji validitas terhadap 3 orang dosen, uji praktikalitas oleh 1 orang guru bahasa Indonesia dan 9 orang siswa kelas XI SMA Negeri 05 Mukomuko, dan uji efektivitas dilakukan pada kelompok kecil yakni 9 orang dengan mengamati aktivitas siswa selama menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik dan hasil tes unjuk kerja menulis teks eksplanasi. Hasil dari penelitian ini, yaitu sebagai berikut. Pertama, uji validitas dengan kategori sangat valid yaitu 91,65%, ditinjau dari segi isi, penyajian, Problem Based Learning, kebahasaan, dan kegrafikan. Kedua, uji praktikalitas pada guru dan siswa. Uji kepraktisan guru dengan kategori sangat praktis yaitu 88,33% dan uji kepraktisan oleh siswa dengan kategori sangat praktis 92,50%. Ketiga, uji efektivitas dilihat dari aktivitas belajar siswa yang berkategori sangat aktif yaitu 95,24% dan hasil belajar siswa berkategori amat baik, yaitu rata-rata 86,67, Dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik yang dihasilkan sudah valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...