Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Pengaruh Konsep Diri, Perhatian Orang Tua, Teman Sebaya, dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro (APKM) Melalui Disiplin Belajar Sebagai Variabel Intervening di SMKN 1 Pasaman

Sumarni, Gusri (Unknown)
Ansofino, Ansofino (Unknown)
Yasmi, Fifi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konsep diri, perhatian orang tua, teman sebaya, dan lingkungan sekolah terhadap disiplin serta prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro (APKM) di SMKN 1 Pasaman tahun ajaran 2024/2025. Menggunakan metode penelitian asosiatif dengan teknik total sampling, penelitian ini melibatkan 67 siswa sebagai responden. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan induktif dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 22 dan Eviews.Hasil penelitian menunjukkan bahwa teman sebaya dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap disiplin belajar, sedangkan konsep diri dan perhatian orang tua tidak berpengaruh signifikan. Dalam kaitannya dengan prestasi belajar, konsep diri, teman sebaya, lingkungan sekolah, dan disiplin belajar terbukti memiliki pengaruh yang signifikan, sementara perhatian orang tua tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar siswa lebih meningkatkan konsep diri dan disiplin belajar serta memilih lingkungan pertemanan yang positif. Selain itu, pihak sekolah diharapkan dapat menyediakan sarana dan prasarana yang lebih baik guna menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sehingga dapat mendukung peningkatan prestasi belajar siswa secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...