Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI Fase F SMA Negeri 1 Rambatan

Fajri, Ahmad Nur (Unknown)
Melisa, Melisa (Unknown)
Suryani, Mulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah dan selama proses pembelajaran berlangsung siswa belum aktif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemecahan masalah matematika siswa setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experimen dengan bentuk desainnya posttest-only control grup design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI F1 dan XI F3 SMA Negeri 1 Rambatan tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test berbentuk essay, yang memuat indikator kemampuan pemecahan masalah matematika yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah Uji t. Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh t_hitung=2,92 pada taraf nyata α=0,05 dengan t_tabel=1,64. Karena t_hitung > t_tabel maka hipotesis diterima artinya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...