Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Analisis Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik SMP Negeri 14 Kota Gorontalo

Kadir, Ervina (Unknown)
Majid, Majid (Unknown)
Isa, Dewi Rahmawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Gorontalo tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari angket kemandirian belajar siswa dan prestasi belajar matematika menggunakan teknik tes obyektif. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,614 yang berarti nilai koefisien antara kedua variabel tersebut tinggi. Diperoleh koefisien determinasi sebesar 37,7% yang artinya varians nilai prestasi belajar matematika yang dicapai siswa sebesar 37,7% ditentukan oleh kemandirian belajarnya. Dengan melihat nilai thitung yang diperoleh adalah 5,74 dan nilai ttabel untuk taraf signifikan 0,05 yaitu 2,04, maka dapat diketahui adanya korelasi hubungan antara kedua variabel yaitu kemandirian belajar (X) dengan prestasi belajar matematika (Y) signifikan karena thitung lebih besar dari nilai ttabel, artinya ada korelasi positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar matematika. Hal ini menujukan semakin tinggi tingkat kemandirian belajar maka semakin tinggi pula prestasi belajar matematika yang dapat dicapai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...