Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas VII dengan menggunakan media gambar berupa puzzle di SMP Negeri 257 Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan jumlah peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan pada nilai keterampilan berbicara peserta didik yaitu siklus I peserta didik memiliki hasil 80,5 % peserta didik telah mencapai nilai tuntas dan 19,5% masih berada di bawah nilai tuntas. Pada siklus I diperoleh nilai terendah peserta didik sebesar 70 dan nilai tertinggi 92,5 serta mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 79,4. Pada siklus II mencapai nilai ketuntasan sebesar 100% peserta didik dengan nilai terendah peserta didik 80 dan nilai tertinggi peserta didik sebesar 92,5 serta mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 86,6. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpilkan bahwa penggunaan media gambar puzzle dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik dengan hasil yang signifikan.
Copyrights © 2023