Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 4 Nopember (2024): Didaktika Jurnal Kependidikan

Pengembangan Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Model Pembelajaran Process Orientied Guided Inquiry Learning

Rizka Putri Iranda (Universitas Negeri Medan)
Nurfajriani (Universitas Negeri Medan)
Ayi Darmana (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2024

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu sumber belajar yang digunakan sebagai pedoman bagi peserta didik dalam belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Umumnya bahan ajar yang digunakan oleh peserta didik belum efektif di gunakan karena belum sesuai dengan perkembangan peserta didik dan belum melibatkan peserta didik untuk lebih aktif di dalam proses pembelajaran. Untuk membuat bahan ajar lebih efektif biasanya di integrasikan dengan miodel pembelajaran. Model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) dapat membuat peserta lebih aktif di dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan dan menguji kelayakan bahan ajar kimia terintegrasi Model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) untuk siswa Kelas X Semester Genap pada kurikulum merdeka. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE namun hanya dilakukan dengan tiga tahap yaitu Analisis, Desain, dan Pengembangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik Analisis Kualitatif dan Kuantitatif. Validator dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang dosen kimia dan 3 orang guru kimia. Penilaian terhadap kesesuaian bahan ajar kimia yang terintegrasi dengan model POGIL mengacu pada standar kesesuaian yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk ahli materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai uji kelayakan bahan ajar kimia yang terintegrasi dengan model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) , menurut penilaian ahli materi adalah 3,55 atau setara dengan 88,75%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...