Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Peran Guru Sebagai Pendidik dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Dasar

Arsyafa Arienda Zahra (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Achmad Fathoni (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran guru dalam membentuk karakter siswa terhadap beberapa pelangaran kedisiplinan tata tertib disekolah yang berkaitan dengan keterlambatan jam masuk sekolah dan kerapian dalam berpkaian. metode kualitatif deskriptif yang digunakan bertujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang perilaku disiplin siswa di MI Muhammadiyah Bolon Digdaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Wawancara yang digunakan dalah dengan cara berkomunikasi tatap muka dengan narasumber, observasi dilakukan peneliti dengan cara melihat lansung aktivitas dikelas, analisis dokumen dilakukan dengan mmengumpulkan dokumen-dokumen yang relevan. Peneliti menguji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam membentuk karakter disiplin siswa sangatlah penting. Melalui program Pendidikan karakter dan kegiatan sehari-hari, guru aktif membentuk sikap dan perilaku siswa agar lebih disiplin, jujur, dan religius. dalam proses pembentukan karakter disiplin siswa, guru juga menghadapi beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya antara lain adalah dukungan dari kepala sekolah, kebijakan sekolah yang jelas terkait dengan disiplin, dan kerjasama dengan orang tua siswa. Namun, di sisi lain, faktor penghambat seperti kondisi lingkungan siswa dan kurangnya perhatian dari orang tua dapat menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam menjalankan perannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...