Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Implementasi Program Salat Dhuha di Madrasah Tsanawiyah

Nur Fauziyah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Hasan Asari (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan agar mengetahui implementasi program salat duha di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al Khairat Percut, dengan fokus kepada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan madrasah terhadap program salat duha. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan metodologi penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam studi kasus kualitatif ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program salat duha dilakukan untuk membentuk akhlakul karimah siswa yang mampu mengenal Allah dengan baik, mampu menjaga salat, sopan santu, disiplin dan tanggung jawab. Pelakasanaan program salat duha dilakukan dengan tertib, siswa yang datang langsung melaksanakan salat duha secara berjamaah. Siswa yang tidak mengikuti salat duha mendapatkan hukuman dan siswa yang rain serta istiqamah dalam melaksanakan salat duha diberikan penghargaan. Program ini memiliki kelemahan dan kekurangan di samping manfaatnya, yaitu kurangnya kedisiplinan dan kesadaran siswa dalam melaksanakan salat duha. Program ini diharapkan kedepannya semakin baik lagi karena memiliki banyak sekali manfaat yang didapat dalam program tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...