Pengetahuan adalah gabungan pengalaman, nilai, informasi, dan intuisi yang membentuk cara berpikir dan bertindak. Pendidikan, sebagai proses pembelajaran sepanjang hayat, berperan penting dalam memperoleh pengetahuan. Banyak penelitian sebelumnya telah membahas peran dosen dan pengalaman belajar mahasiswa dalam mendukung proses pembelajaran. Namun, masih ada kesenjangan pemahaman mengenai bagaimana peran dosen dan pengalaman belajar secara spesifik mempengaruhi perilaku berbagi pengetahuan di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan mengkaji perkembangan perilaku berbagi pengetahuan mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta Indonesia, berdasarkan peran dosen dan pengalaman belajar di kelas. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan metode Structural Equation Modeling (SEM) AMOS, penelitian ini menganalisis hubungan antara variabel-variabel yang mempengaruhi perilaku berbagi pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dosen dan pengalaman belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan perilaku berbagi pengetahuan. Dosen berperan sebagai fasilitator yang menciptakan lingkungan belajar kondusif untuk berbagi pengetahuan, sementara pengalaman belajar yang beragam turut mendorong perilaku ini. Harapan dari penelitian ini adalah agar hasilnya dapat digunakan untuk meningkatkan strategi pengajaran dan pembelajaran yang lebih efektif dalam mengembangkan perilaku berbagi pengetahuan di kalangan mahasiswa pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia.
Copyrights © 2024