Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dikelas IV setalah diberi media monopoli pintar yang valid, praktis, dan efektif pada metari keragaman budaya. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, Design, Development, Implementions, evaluation). Media monopoli pintar ini telah melakukan uji validasi oleh beberapa ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Presentase hasil dari para ahli terhadap monopoli pintar ini mendapatkan kriteria sangat valid dan sangat praktis dengan skor 95% ahli media, 95% ahli materi, 96% angket respon guru, dan 87% angket respon siswa. Dari hasil N-Gain dengan skor 0,80 kategori tinggi, oleh karena itu penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran ini terhadap peningkatan pemahaman siswa pada pembelajaran keragaman budaya, hal ini dapat dibuktikan hasil pos-test memperoleh peningkatan nilai yang signifikan yaitu 87,22% yang mendapatkan kategori sangat efektif dibandingkan hasil pre-test dengan presentase nilai 34,09% dengan kategori tidak efektif. Berdasarkan paparan diatas dapat dirangkum bahwa media monopoli pintar sangat layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa usia sekolah dasar.
Copyrights © 2024