Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media video animasi Terhadap keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPS Peserta Didik Kelas V SD Negeri 167102 Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis Quasi Experiment. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik SD Negeri 167102 Tebing Tinggi. Sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu Peserta didik kelas V berjumlah 27 orang di SD Negeri 167102 Tebing Tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat dilihat hasil pengujian berpikir kritis siswa pada taraf nyata α = 0,05, thitung> ttabel yaitu 2,060 > 1,708 dan taraf signifikan nya kurang dari signifikan 0,05 yakni 0,021 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media video animasi Terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS peserta didik kelas V SD Negeri 167102Tebing Tinggi.
Copyrights © 2024