Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Implikasi dan Strategi Sekolah Unggulan terhadap Sistem Zonasi

Novita Imroatun Solikha (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Rochman Hadi Mustofa (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2025

Abstract

Sistem zonasi adalah mekanisme yang mengatur penempatan peserta didik berdasarkan lokasi tempat tinggal mereka. Tujuan utama dari sistem ini yakni menjamin akses yang sama terhadap pendidikan tanpa memandang nilai akademis, sehingga memiliki kesempatan yang sama bagi seluruh peserta didik untuk diterima di sekolah terdekat. Di penelitian ini, metode kualitatif melalui wawancara mendalam yang dilakukan sepanjang Juli 2024, serta observasi di beberapa sekolah unggul, seperti SMA Negeri 1 Surakarta, SMA Negeri 1 Purwokerto, dan SMA Negeri 1 Banjarnegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem zonasi menimbulkan tantangan baru bagi sekolah-sekolah unggul, terutama terkait variasi kemampuan akademik peserta didik yang diterima. Tantangan ini memaksa sekolah untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih inovatif guna menjaga kualitas pendidikan. Meskipun kebijakan ini memicu perdebatan, penerapan sistem zonasi dinilai positif karena memperluas akses pendidikan secara lebih merata. Dan meskipun menghadapi tantangan dalam penerapannya, sistem zonasi memiliki potensi untuk meningkatkan mutu pendidikan di seluruh Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...