Demi meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah sudah menetapkan delapan standar pendidikan nasional untuk dijadikan sebagai pedoman pemerataan mutu pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Tentu saja, hal ini berkaitan dengan peran pemimpin, utamanya kepala sekolah. Kepemimpinan memainkan peran krusial dalam manajemen mutu pendidikan karena mempengaruhi seluruh komponen dalam sistem pendidikan, mulai dari pengelola, guru, staf, hingga siswa yang berkolaborasi untuk meraih tujuan pendidikan yang berkualitas. Namun, tidak semua pemimpin memahami perannya dalam manajemen. Penelitian ini bermaksud untuk memahami tentang peran kepemimpinan dalam manajemen mutu pendidikan di sekolah, dengan mengulik dari segi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi manajemen. Literature review adalah metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini. Data diperoleh dengan cara mengkaji berbagai literatur dari sumber buku, jurnal nasional, dan jurnal internasional terakreditasi. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa pemimpin memiliki peranan yang besar dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Demi meningkatkan mutu, pemimpin harus mampu melaksanakan perannya sesuai fungsi manajemen, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, hingga evaluasi aktivitas sekolah. Keterbaruan dalam penelitian ini adalah merelasikan peran kepemimpinan dengan fungsi manajemen demi meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.
Copyrights © 2024