Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Peran Disiplin dalam Membangun Karakter Siswa: Studi pada SMA Kristen YPKPM Ambon

Louisa M. Metekohy (Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis Disiplin Sebagai Bagian Dari Pembangunan Karakter Generasi Penerus Bangsa Pada Siswa SMA Kristen YPKPM Ambon. Tipe penelitian yang gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif serta Informan dalam penelitian ini adalah 4 siswa berprestasi, 6 orang guru SMA Kristen YPKPM, Wakasek Kesiswaan dan Kepala Sekolah Sebagai inforaman. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan induksi konseptual yang bertolak dari fakta atau informasi empiris untuk membangun interpretasi dalam bentuk kesan, pendapat atau pandangan teoritis dalam bentuk data. Hasil penelitian bahwa pendidikan sebagai sarana menciptakan masa depan yang lebih baik harus terus mendapatkan perhatian dari pemerintah, masyarakat pemerhati pendidikan orang tua dan lembaga terkait yang menopang dan menghidupkan lembaga tersebut untuk kemaslahatan orang banyak dengan terus menekankan kedisiplinan sebagai modal membentuk karakter siswa yang unggul dan mampu bersaing di era globalisasi dalm dunia pendidikan. Karakter baik, merupakan bentuk terjemahan pribadi yang kuat sebagai harapan bangsa dan negara yang dipupuk dan dibina melalui Lembaga Pendidikan sebagai wadah yang menjadikan siswa unggul, berkualitas, cerdas, berpengetahuan, dengan menjaga kedisiplinan sebagai patokan pijak dalam Pendidikan di SMA Kristen YPKPM yang mendidik dan membesarkan siswa dengan berlandaskan kedisiplin sebagai hasil dari terciptanya karakter yang tangguh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...