Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Strategi Game Based Learning Dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C+S Siswa

Aulia Ainis Lisa (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Sofa Muthohar (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penerapan Game-Based Learning dalam meningkatkan keterampilan 4C+S (Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration, dan Spirituality) pada siswa di SMPN 35 Semarang. Game-Based Learning diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penggunaan game Team Game Tournament (TGT), Snowball, Scramble, dan Quizizz, yang disesuaikan dengan materi salat dan zikir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis tematik yang bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan melaporkan pola atau tema dalam data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penerapan Game-Based Learning di SMPN 35 Semarang meliputi integrasi permainan dengan materi PAI makna salat dan zikir, pembentukan kelompok kerja dinamis dan interaksi positif, serta refleksi dan diskusi terpandu. Dengan demikian, Game-Based Learning mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dimana siswa didorong untuk menganalisis dan mengevaluasi materi secara mendalam. Kreativitas menunjukkan bahwa siswa mampu menyampaikan ide-ide inovatif dalam memecahkan masalah. Komunikasi menunjukkan siswa mampu menyampaikan pendapat dengan percaya diri serta aktif dalam bertanya. Kolaborasi siswa mampu bekerja sama dan saling memberi masukan kepada temannya. Dari aspek spiritual, siswa merasa lebih sering teringat untuk dekat dengan Allah Swt setelah strategi ini diterapkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...