Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Pendidikan Multikultural di SMP Katolik Jambi: Perspektif Guru dengan Beragam Agama

Chatarina Dyah Ayu Pasca (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali perspektif tiga guru di SMP Katolik di Jambi mengenai penerapan pendidikan multikultural di sekolah. Guru yang dilibatkan memiliki latar belakang agama yang berbeda, yaitu Islam, Kristen, dan Katolik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara yang mengandung pertanyaan mengenai sudut pandang masing-masing agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun para guru memiliki latar belakang agama dan budaya yang berbeda, toleransi dan nilai multikultural sudah terinternalisasi dengan baik di SMP ini. Sekolah ini, yang telah dikenal sebagai "Sekolah Multikultural" di Jambi, telah menerapkan pendidikan multikultural sejak puluhan tahun lalu dan telah menjadi bagian dari program kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...