Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Manajemen Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dalam Menumbuhkembangkan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik

Sartini (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Bambang Sumardjoko (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sigit Haryanto (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) dalam menumbuhkembangkan karakter tanggung jawab peserta didik di MI Muhammadiyah Karanganyar. Manajemen ekstrakurikuler ini meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Narasumber penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, guru pembina ekstrakurikuler, pelatih ekstrakurikuler dan anggota ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) telah dilaksanakan dengan baik dan efektif sehingga berperan signifikan dalam menumbuhkembangkan karakter tanggung jawab peserta didik. Peserta didik yang aktif dalam kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) menunjukkan peningkatan dalam kesadaran akan tanggung jawab pribadi dan sosial, kemampuan bekerja sama, serta keterampilan dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah atau madrasah di Indonesia memberikan wadah minat dan bakat siswa serta lebih mendorong partisipasi siswa dalam kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) untuk menumbuhkembangkan karakter yang bertanggung jawab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...