Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Transformasi Kurikulum di Pondok Pesantren Modern: Integrasi Pendidikan Islam dan Umum dalam Era Globalisasi

Diah Ayu Puspita Sari (UIN Antasari Banjarmasin)
Rida (UIN Antasari Banjarmasin)
Murdiana (UIN Antasari Banjarmasin)
Yuliani (UIN Antasari Banjarmasin)
Ma'rifah (UIN Antasari Banjarmasin)
Sadriah (UIN Antasari Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Pondok Pesantren Modern mengintegrasikan pendidikan Islam tradisional dengan metode pendidikan modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi kurikulum di Pondok Pesantren Modern, menyoroti implementasi dan implikasi perubahan tersebut terhadap pendidikan santri. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang melibatkan wawancara mendalam dengan pengelola pondok pesantren, guru senior, dan alumni, serta observasi partisipatif terhadap proses pembelajaran di kelas dan kegiatan ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi kurikulum berhasil meningkatkan pemahaman santri terhadap ilmu pengetahuan modern dan agama, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, serta mengembangkan karakter yang lebih baik. Transformasi ini juga membantu pesantren bersaing secara sehat dengan lembaga pendidikan lain tanpa kehilangan jati dirinya sebagai pesantren. Namun, implementasi kurikulum modern menghadapi beberapa tantangan, termasuk kebutuhan akan sumber daya yang memadai dan potensi perubahan budaya pesantren tradisional. Dengan demikian, kurikulum pesantren modern harus mampu menjawab kebutuhan santri di era globalisasi yang tidak hanya cakap dalam ilmu agama tetapi juga memiliki ilmu pengetahuan umum dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...