Kesantunan berbahasa merupakan hal yang penting dalam berbicara. Generasi alpha atau peserta didik sekolah dasar saat ini perlu diperhatikan dalam berbahasa karena banyak faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti pergaulan dan teknologi yang semakin global. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana bahasa yang digunakan oleh peserta didik kelas V SD Negeri Klitren dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode dalam penelitian ini yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara kepada peserta didik kelas V dan wali kelas V yang sekaligus menjadi subjek dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa hampir seluruh peserta didik kelas V berbicara dengan sopan kepada guru baik saat proses pembelajaran maupun diluar pembelajaran. Akan tetapi terdapat dua peserta didik yang tidak santun dalam berbicara terutama kepada teman. Faktor yang menyebabkan kesantunan dan ketidaksantunan pada peserta didik kelas V ini yaitu faktor keluarga, faktor teman sebaya dan faktor media sosial. Melalui hasil penelitian ini, sekolah atau lembaga pendidikan dapat mengetahui bagaimana perkembangan bahasa yang digunakan peserta didik sekolah dasar dan mendorong sekolah untuk menyusun program yang bekerjasama dengan pihak eksternal, seperti orang tua.
Copyrights © 2025