Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Pengaruh Keterampilan Mengajar dan Kreativitas Guru Melaksanakan Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Rizka Amalia Rahmadhani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Salminawati (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Haidir (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2025

Abstract

Tujuan pada penelitian ini merupakan untuk mengkaji pengaruh keterampilan mengajar dan kreativitas guru melaksanakan pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Madrasah Aliyah Daar Ulum Kisaran. Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian kuantitatif dengan desain penelitian expost facto. Sampel penelitian yang digunakan adalah 82 siswa. Pengumpulan data mengunggkapan instrumen test, dan teknik analisis data yang digunakan dengan analisis korelasi dan regresi. Hasil analisis hipotesis pertama dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi baik sederhana maupun ganda variabel keterampilan mengajar (X1) memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis (Y) sebesar 29.37%. Hipotesis kedua pengaruh variabel kreativitas guru melaksanakan pembelajaran sebesar 79.57%. Hipotesis ketiga pengaruh variabel keterampilan mengajar dan kreativitas guru melaksanakan pembelajaran secara bersama-sama sebesar 82.45%. Dengan demikian, sisanya sebesar17.55% disumbangkan oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...