Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan langkah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Lokon St. Nikolaus Tomohon yang berjumlah 19 orang. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa kelas VIII-C SMP Lokon St. Nikolaus Tomohon yang memiliki kemampuan tinggi sebanyak 31,5%, kemampuan sedang 31,5%, dan kemampuan rendah 37%; (2) subjek berkemampuan tinggi mampu menguasai 4 langkah Polya untuk 3 soal cerita, yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa kembali serta menarik kesimpulan; (3) subjek berkemampuan sedang mampu menguasai 4 langkah Polya pada soal nomor 1 dan 2, sedangkan pada soal nomor 3 subjek hanya mampu menguasai 2 langkah Polya pertama; (4) subjek berkemampuan rendah hanya mampu menguasai 4 langkah Polya pada soal nomor 1, sedangkan untuk soal nomor 2 dan 3 subjek tidak mampu menguasai langkah Polya dikarenakan tidak menjawab soal yang diberikan.
Copyrights © 2025