Pembelajaran matematika seringkali dianggap sulit dan membosankan oleh siswa. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan inovasi dalam media pembelajaran. Salah satu media yang menarik perhatian adalah Pop-Up Book. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan penggunaan Pop-Up Book sebagai media pembelajaran matematika menggunakan Metode Systematic Literatur Review yang secara khusus dirancang untuk mengumpulkan, menilai, dan menganalisis temuan temuan dari berbagai penelitian yang relevan dengan topik penelitian tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Pop-Up Book telah menjadi tren yang cukup signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Keunikan Pop-Up Book dalam menyajikan visualisasi yang interaktif dan menarik terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, terutama pada jenjang Sekolah Dasar. Pop-Up Book memiliki potensi besar dalam pembelajaran berbagai materi matematika, seperti geometri, bilangan, dan komunikasi matematis. Fleksibilitas media ini memungkinkan adanya berbagai metode pembelajaran yang dapat diintegrasikan, sehingga dapat disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing peserta didik.
Copyrights © 2025