Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pengembangan Modul Ajar Berdiferensiasi Berorientasi Education for Sustainable Development pada Materi Green Chemistry

Nurdiyati (Universitas PGRI Semarang)
Mega Novita (Universitas PGRI Semarang)
Siti Patonah (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

Penerapan pembelajaran berdiferensiasi berorientasi ESD pada materi green chemistrysangat penting pengembangan modul ajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan untuk pengembangan modul ajar berdiferensiasi berorientasi ESD.metode yang digunakan adalah metode pengembangan (R&D) dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total sampel adalah 36 siswa.instrumen yang digunakan dibuat berdasarkan 5 indikator menurut Ennis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal 1) memberikan penjelasan sederhana (elementary clarification), 2) membangun kemampuan dasar (Basic Support), 3) menarik kesimpulan (inference), 4) memberikan argumen dan penjelasan (advanced clarification), dan 5) mengatur taktik dan strategi (strategie and tactics).Hasil penelitian didapat kevalidan berdasarkan hasil uji instrumen oleh ahli instrumen mendapat persentase 97% dengan kategori sangat valid dan keefektifan instrumen berdasarkan hasi uji N-Gain memeroleh nilai rata-rata 0,66 dengan kategori keefektifan sedang. Hasil penelitian ini digunakan untuk pengembangan modul berdiferensiasi berorientasi ESD pada materi Green Chemistry untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...