Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Relevansi Kompetensi Pembuat Perahu Pinisi Dengan Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara

Anna Majid (Universitas Muhammadiyah Bulukumba)
Banri Alang (Universitas Muhammadiyah Bulukumba)
Nasir (Universitas Muhammadiyah Bulukumba)
Ahmad Imran (Universitas Muhammadiyah Bulukumba)
Andi Yurni Ulfa (Universitas Muhammadiyah Bulukumba)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Ki Hadjar Dewantara mengembangkan pendidikan karakter dengan tujuan tidak hanya sebagai upaya pendidikan tetapi juga bercita-cita untuk menumbuhkan individu yang memiliki nilai moral yang kuat dan kemampuan berpikir kritis melalui proses pendidikan. Ki Hadjar Dewantara terkenal dengan konsep Trilogi kepemimpinan dalam sistem among yang dikenal dengan patrap triloka yaitu Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani serta teori Trikon yaitu kontinuitas, konvergensi dan konsentris.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah relevansi kompetensi pembuat Perahu Pinisi dengan trilogi kepemimpinan dan teori trikon. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi kompetensi pembuat Perahu Pinisi dengan trilogi kepemimpinan dan teori trikon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi.Teknik pengumpulan data dalam pe­ne­li­ti­an ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Spradley. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pembuat Perahu Pinisi relevan dengan konsep trilogi kepemimpinan dalam sistem among dan teori Trikon.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...