Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Internalisasi nilai Sifat Ash-Shiddiq melalui Teaching With Love untuk Penguatan Karakter Siswa

Susi Saadah (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Darojat (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Ujang Aldi (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Hamdan Maulana (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Opik Taupik Kurahman (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Tarsono (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Kejujuran merupakan sebuah nilai yang sangat berharga, sebab salah satu nilai utama yang perlu ditanamkan dalam proses pendidikan sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Banyak penelitian tentang pendekatan teaching with love, namun tidak secara komprehensif membahas spesifik menjelaskan penerapan metode Teaching with Love yang difokuskan kepada internalisasi sifat as-shiddiq. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penerapan metode Teaching with Love dalam menginternalisasikan nilai Ash-Shiddiq pada siswa di MTsN 4 Bandung Barat sebagai upaya penguatan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Teaching with Love mampu meningkatkan sikap jujur siswa, yang tercermin dari transparansi komunikasi, tanggung jawab akademik, dan konsistensi tindakan. Kesimpulannya, metode ini memberikan kontribusi signifikan dalam pendidikan karakter berbasis kasih sayang, yang dapat diadopsi untuk pembelajaran lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...