Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Peran Guru dalam Implementasi Pendidikan Kewirausahaan di Madrasah

Handaru Baskara Aji (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Wildani Ridlo (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Laili Fachrul Umam (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Rijal Khoril Anam (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Berdasarkan presentase pengangguran di Indonesia dari segi tingkat pendidikan pada tahun 2024 menunjukan bahwa tingkat pengangguran tertinggi sebesar 8,62 persen berasal dari lulusan SMK. Lulusan SMA sebesar 6,73 persen. Sementara jenjang diploma IV, S1, S2, dan S3 sebesar 5,63 persen. Pendidikan kewirausahaan dapat menjadi solusi dalam menjawab persoalan pembangunan karakter dalam menumbuhkan jiwa berwirausaha Metode kualitatif dalam penelitian ini untuk mendapatkan informasi secara mendalam yang berkaitan dengan persepsi, pengalaman, dan pandangan dari narasumber. Lokasi penelitian dilaksanakan di MAN 1 Cilacap Jalan Kalisabuk km.15, Kalipelus, Kalisabuk, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53271. Objek penelitian ini adalah Wakil Kepala bagian Kesiswaan, Guru Prakarya, dan beberapa peserta didik untuk dimintai tanggapan terkait proses program pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan terkait peran guru dalam implementasi pendidikan kewirausahaan, tantangan dan hambatan guru, serta strategi guru dalam mengatasi tantangan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan peran guru dalam implementasi pendidikan kewirausahaan di MAN 1 Cilacap memiliki tiga peran utama diantaranya, guru sebagai pendidik, pelatih dan evaluator. Terdapat tantangan dan hambatan yang dihadapi guru MAN 1 Cilacap dalam proses kegiatan pendidikan kewirausahaan seperti keterbatasan sumber daya pendukung, kurangnya pelatihan dan pembekalan guru dan minimnya dukungan eksternal dari dunia usaha dan masyarakat sekitar. Selain itu, i strategi dalam mengimplementasikan pendidikan kewirausahaan di MAN 1 Cilacap yakni dengan cara menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan peranserta peserta didik, berkolaborasi dengan UMKM dan memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai salah satu alat dalam memperoleh ketercapaian program.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...