Implementasi Information and Communication Technology (ICT) dalam pembelajaran pada program Digital Class menjadi fokus penelitian ini. Penelitian bertujuan untuk mengkaji implementasi ICT ditinjau dari 1) fungsi utama ICT dalam pembelajaran, 2) faktor penghambat, dan 3) faktor pendukung implementasi menggunakan kerangka kerja Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus tunggal. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen selama enam bulan, dari Juli hingga Desember 2024. Subjek penelitian meliputi guru, siswa, dan staf IT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ICT mencakup lima fungsi utama: learning resource, collaboration, personalization, engagement, dan assessment. Analisis menggunakan TPACK mengungkapkan bahwa keberhasilan integrasi teknologi sangat bergantung pada keseimbangan antara pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten yang dimiliki oleh guru. Tantangan utama dalam implementasi meliputi keterbatasan infrastruktur teknologi seperti akses internet yang tidak memadai, kurangnya kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi secara optimal, serta resistensi terhadap perubahan. Sebaliknya, faktor pendukung mencakup penyediaan perangkat keras seperti tablet atau laptop, pelatihan rutin untuk meningkatkan kompetensi guru dalam TPACK, serta dukungan kebijakan sekolah yang proaktif terhadap penggunaan ICT. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan strategi implementasi ICT di sekolah menengah dan menyediakan rekomendasi praktis untuk optimalisasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025