Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Hubungan Antara Organizational Citizenship Behavior dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru

Juninarita (Universitas Terbuka)
Maximus Gorky Sembiring (Universitas Terbuka)
Otib Satibi Hidayat (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Penelitian tentang OCB dan motivasi kerja terhadap kinerja guru telah banyak dilakukan, namun masih ada kesenjangan dari hubungan antara ketiga variabel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan organizational citizenship behavior (OCB) dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di sekolah dasar dalam Gugus 5, Kecamatan Serpong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif, data dikumpulkan dan dianalisis untuk menguji hipotesis penelitian. Populasi sebanyak 443 guru, sampel terpilih sebanyak 82 dipilih menggunakan rumus Slovin dengan margin kesalahan 10 persen. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dan proporsional sampling sehingga didapatkan sampel representatif, kemudian dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OCB secara positif dan signifikan memengaruhi kinerja guru, dengan nilai-t sebesar 4,034. Motivasi kerja memiliki efek positif dan signifikan terhadap kinerja guru, tercermin dalam nilai-t sebesar 3,656. Temuan penelitian ini menjelaskan dampak OCB dan motivasi dalam meningkatkan kinerja guru. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru dapat dilakukan dengan pembinaan OCB dan motivasi. Implikasi praktis adalah variabel OCB dan motivasi kerja dapat menjadi determinan prioritas dalam meningkatkan kinerja guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...