Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Penggunaan Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Retensi Belajar Siswa: Kajian Literatur

Rahayu Humairo Sukardi (Universitas Negeri Surabaya)
Muhammad Turhan (Universitas Negeri Surabaya)
Sarmini (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau efektivitas metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan tinjauan literatur yang relevan. Dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), penelitian ini menganalisis berbagai sumber sekunder, seperti artikel jurnal, buku, dan laporan penelitian yang dipublikasikan dalam 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mind mapping merupakan metode pembelajaran yang efektif dalam membantu siswa memahami materi pembelajaran secara lebih mendalam, meningkatkan retensi informasi, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta kreatif. Mind mapping juga terbukti meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam pembelajaran melalui pendekatan visual yang interaktif dan menarik. Namun, keberhasilan penerapan metode ini sangat bergantung pada bimbingan guru, kesiapan siswa, dan ketersediaan alat pendukung, baik manual maupun digital. Beberapa tantangan yang diidentifikasi meliputi keterbatasan waktu pelaksanaan dan kurangnya keterampilan teknis siswa dalam menggunakan aplikasi digital. Penelitian ini memberikan landasan teoritis yang kuat mengenai efektivitas mind mapping, namun disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan dengan pendekatan empiris yang lebih mendalam. Dengan demikian, mind mapping memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu strategi pembelajaran inovatif yang mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...