Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Identifikasi Faktor Penentu Keberhasilan Hafalan Al-Qur’an Pada Mahasiswa

Pebri Azhari (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta)
Joko Subando (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan hafalan Al-Qur'an pada mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Isy Karima. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian dilakukan dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberhasilan hafalan mahasiswa. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi ilmiah dalam pengembangan metode pembelajaran tahfidz Al-Qur'an di perguruan tinggi berbasis pesantren, serta menjadi referensi bagi para penghafal Al-Qur'an dan musyrif dalam meningkatkan efektivitas program hafalan Al-Qur'an.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...