Salah satu keterampilan 4C yang diperlukan siswa untuk menghadapi tantangan abad ke-21 adalah kemampuan berpikir kritis. Namun, rendahnya kemampuan berpikir kritis di kalangan siswa sekolah dasar masih menjadi kendala yang membutuhkan solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis project-based learning (PjBL) sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas 3 SD. E-modul ini dirancang dengan pendekatan interaktif yang mencakup elemen visual, audio, serta latihan soal berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan, yang meliputi empat tahap: pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan diseminasi. Penelitian ini melibatkan siswa kelas 3 SD di salah satu sekolah di Kota Cimahi, dengan kelas 3A sebagai kelompok kontrol dan kelas 3B sebagai kelompok eksperimen. Hasil validasi dari para ahli menunjukkan bahwa e-modul ini memenuhi kriteria "sangat valid" dengan rata-rata skor 3,823. Uji coba awal dan operasional juga mendapatkan respons "sangat baik" dari siswa dan guru. Selain itu, uji efektivitas menggunakan independent sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, dengan nilai Cohen’s d sebesar 2,54 yang termasuk dalam kategori efek besar. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa e-modul berbasis PjBL efektif sebagai media pembelajaran yang mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21.
Copyrights © 2025