Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 2 Mei (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Meningkatkan Kompetensi Shadow Teacher: Kunci Keberhasilan Pendidikan Inklusi Anak Usia Dini

Fariza Ika Cahyani (Universitas Negeri Malang)
Imron Arifin (Universitas Negeri Malang)
Sri Wahyuni (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Pendidikan inklusi memberikan kesempatan yang setara bagi semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus, untuk memperoleh pendidikan berkualitas. Artikel ini membahas kompetensi yang harus dimiliki oleh guru pendamping khusus (shadow teacher) dalam implementasi pendidikan inklusi pada anak usia dini. Shadow teacher berperan penting dalam mendukung anak berkebutuhan khusus agar dapat belajar bersama di lingkungan inklusif dengan memberikan bimbingan akademik dan sosial yang dibutuhkan. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review (SLR) dengan meninjau berbagai artikel yang diterbitkan pada tahun 2020–2024. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi utama yang harus dimiliki shadow teacher mencakup kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Selain itu, pelatihan dan bimbingan teknis bagi shadow teacher terbukti dapat meningkatkan efektivitas peran mereka. Studi ini menyoroti pentingnya pelatihan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan inklusi bagi anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...