Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Implementasi Metode Punishment Reward dalam Penanaman Profil Pelajar Pancasila Gotong Royong dan Bernalar Kritis pada Pembelajaran PPKn

Nopika Dewi Sulistyowati (Unknown)
Arief Cahyo Utomo (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Punishment Reward dan hambatannya dalam Penanaman Profil Pelajar Pancasila Gotong Royong dan Bernalar Kritis yang diterapkan guru pada Pembelajaran PPKN. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus untuk mendapatkan data dan sumber data yang relevan di SDN Klumprit 03. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pengumpulan informasi melalui tahapan observasi, wawancara serta data dokumentasi yang ditemukan peneliti pada saat penelitian sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode Punishment Reward dalam menanamkan profil pelajar pancasila gotong royong dan bernalar kritis oleh guru memberikan dampak dan respon positif terhadap siswa kelas IV SDN Klumprit 03 dalam Pembelajaran PPKN. Pemberian Reward seperti penambahan nilai berbentuk bintang memberikan dampak positif pada siswa seperti meningkanya semangat berkompetisi antar siswa yang ermotivasi mendapatkan tambahan nilai dari guru dan berani aktif beprndapat dalam kegiatan tanya jawab. Di sisi lain penggunaan punishment seperti teguran, pengurangan nilai, dan hukuman edukatif mendorong siswa bisa terlibat dalam aktivitas belajar kelompok agar siswa terdorong untuk mencerminkan gotong royong dan memperbaiki perilaku siswa agar tidak mengganggu ketertiban saat pembelajaran berlangsung. Namun hambatan tersebut dapat diatasi dengan strategi yang efektif yaitu dengan selalu melakukan pemantauan terus pada aktivitas siswa baik kelompok maupun individu serta melakukan kombinasi atau kolaborasi dengan pendekatan yang lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...