Jurnal Cakrawala Akademika
Vol. 1 No. 3 (2024): Edisi September-Oktober

Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di CV Sumber Mina RejekiJakarta Utara

Novi Nurhidayati (Universitas Bina Sarana Informatika)
Darma Wijaya (Universitas Bina Sarana Informatika)
Fadli Ilyas (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2024

Abstract

CV Sumber Mina Rejeki Jakarta Utara bergerak dibidang pelayanan jasa surat kapal yaitu layanan jasa penerbitan SIPI (Surat Izin Penangkapan Ikan). Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pengguna layanan jasa penerbitan SIPI (Surat Izin Penangkapan Ikan) di CV Sumber Mina Rejeki Jakarta Utara yang meliputi harga dan kualitas pelayanan (variabel independen) mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen (variabel dependen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan/konsumen pengguna layanan jasa penerbitan SIPI (Surat Izin Penangkapan Ikan) di CV Sumber Mina Rejeki Jakarta Utara. Sedangkan responden atau sampelnya berjumlah 40 responden. Sampling data yang diperoleh melalui kuesioner dengan uji analisis data yaitu uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik data yaitu uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinearitas dan uji linier berganda, uji hipotesis yaitu ada uji T dan uji F, serta ada uji koefesien determinasi (R2). Penelitian ini menggunakan deskriptif data dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan probability sampling dengan teknik pengambilan sampel yang memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh anggota populasi untuk dijadikan sampel. Dari hasil regresi linier berganda menunjukan bahwa variabel harga B1: 0.361, kualitas pelayanan B2: 0.279. Hasil koefesien determinasi (R2) menggunakan nilai r square sebesar 0.930. Hal ini menunjukan bahwa bahwa variabel yang diteliti variabel harga (X1) dan variabel yang kualitas pelayanan yang memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y)  sebesar 92,6 % sementara sisanya 7,4 % dipengaruhi variabel yang diteliti. Dari hasil perhitungan uji f bahwa secara simultan variabel harga dan kualitas pelayanan dengan nilai sig 0.000 < 0.05 dan f hitung 245,559 > f tabel 3.245. Untuk variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen adalah harga.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jca

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Cakrawala Akademika adalah sebuah publikasi ilmiah yang berfokus pada penyebaran hasil penelitian dan kajian kritis di berbagai disiplin ilmu. Dengan tujuan untuk mendorong inovasi dan kolaborasi antar akademisi, jurnal ini menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan relevan bagi ...